Penyebab dan Gejala Terkena Batu Ginjal


Berikut aspek penyebab batu ginjal yaitu :
  • Sering menahan kencing
  • Kurang minum air putih
  • Kandungan garam dalam urin yang pekat hingga dapat memilik potensi terjadinya endapan batu didalam saluran kemih
  • Zat kimia yang terlalu banyak didalam urin seperti kapur serta garam oksalat.
  • Vitamin D berlebihan serta kandungan asam urat, serta terlalu banyak mengkonsumsi kalsium yang tidak larut seutuhnya.

Tanda-tanda Batu Ginjal

Tanda -tanda batu ginjal yang bisa terjadi diantaranya :

Tanpa ada Gejala
Umumnya orang yang menanggung derita batu ginjal itu tanpa ada tanda-tanda apa pun (asimtomatik). Jika anda mempunyai batu ginjal yang kecil, pada umumnya anda tidak akan tahu ataupun merasakannya. Batu ginjal kecil biasanya ditemukan dengan melakukan tes pencitraan (X-ray, USG atau CT scan) untuk alasan yang tidak terkait dengan permasalahan ginjal.

Nyeri
Batu ginjal bisa menyebabkan rasa nyeri yang enteng sampai berat. Jalur nyeri yang terjadi umumnya pada punggung sisi bawah (pada ke-2 segi), perut sisi bawah, dan daerah selangkangan serta di bagian bawah tulang rusuk.



Mual serta muntah
Batu ginjal yang mungkin saja demikian kronis akan mengakibatkan rasa sakit serta menyebabkan anda merasa mual serta muntah. Nyeri hebat, mual serta muntah mesti selekasnya diobati memakai obat nyeri kuat, antiemetik dan cairan infus.

Demam serta menggigil
Kadang-kadang demam serta menggigil juga adalah tanda-tanda dari batu ginjal. Jika anda mengalami demam serta menggigil yang terkait dengan batu ginjal, jadi anda harus mendapatkan pengobatan secepatnya.

Darah dalam urine
Darah didalam urine atau hematuria adalah tanda-tanda umum lain dari batu ginjal. Iritasi pada ureter bisa terjadi saat batu ginjal melalui saluran kemih serta bisa menyebabkan perdarahan. Warna pada urine umumnya tampak merah muda atau kemerahan bergantung dengan beratnya perdarahan.

Pergantian urine lainnya
Jika anda melihat urine yang keruh bahkan juga sangatlah berbau, hal semacam ini bisa jadi sinyal tanda infeksi yang berkenaan dengan batu ginjal. Walau demikian tanda-tanda itu dapat pula menjadi tanda-tanda permasalahan medis yang lain seperti infeksi saluran kemih (ISK), sistinitis, infeksi kandung kemih atau penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore. Bila anda alami hal seperti itu ada baiknya anda secepatnya memeriksakan ke dokter.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner