Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur



Sebagian pemicu haid tidak teratur salah satunya :

Fungsi Hormon Terganggu
Haid sangat berkaitan dengan system hormon yang ditata oleh otak, tepatnya pada kelenjar hipofisa. Langkah kemampuan dari system hormonal itu yakni dengan mengirim tanda ke indung telur untuk menghasilkan sel telur. Jika system penyusunan itu terganggu, jadi secara automatis siklus haid juga bakal turut terganggu.

Kelainan Systemik
Badan yang gemuk atau kurus bisa memengaruhi siklus haid karena system metabolisme badan tidak bekerja dengan baik. Untuk yang menanggung derita diabetes akan mempengaruhi siklus haid jadi tidak teratur.


Stress
Stress nyatanya dapat juga mengganggu system metabolisme pada tubuh. Karena stress, tubuh jadi gampang capek, berat badan turun mencolok bahkan juga sampai sakit-sakitan, sehingga mengakibatkan metabolisme badan terganggu. Bahkan siklus haid juga akan turut terganggu.


Kelenjar Gondok
Kelenjar gondok atau kelenjar tiroid yang terganggu bisa mengakibatkan siklus haid tidak teratur. Masalah itu bisa terbentuk apabila produksi kelenjar gondok terlampau tinggi (hipertiroid) atau produksi kelenjar gondok yang terlampau rendah (hipotiroid). Yang Mengakibatkan system hormonal badan akan turut tergangggu.


Hormon Prolaktin Berlebih
Produksi hormon prolaktin yang cukup tinggi pada ibu menyusui bisa membuat ibu tidak kunjung haid, karena hormon itu berperan menghimpit tingkat kesuburan ibu. Hal semacam ini umumnya terjadi pada ibu yang tidak sedang menyusui, dikarenakan kelainan pada kelenjar hipofisis.


Sesudah anda tahu beberapa pemicu kenapa haid tidak teratur, kita akan mengulas perihal obat haid tidak teratur yang berasal dari bahan tradisional yaitu :

1. Ramuan Bunga Kembang Sepatu
Bahan:
Siapkan 3 kuntum kembang sepatu
Cara:
Kembang sepatu dicuci bersih, lalu tumbuk sampai halus serta masak dengan 1 gelas air. Masukkan cuka seperlunya, tunggulah sampai mendidih. Kemudian saring, lalu minum air ramuan 3 kali dalam satu hari sejumlah 1/2 gelas.

2. Ramuan Daun Pepaya
Bahan:
Siapkan 2 helai daun pepaya yang segar
Cara:
Bersihkan daun pepaya lalu rebus dengan satu gelas air. Tunggulah sampai mendidih lalu saring. Campur dengan asam serta garam secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Minumlah ramuan itu pada kondisi hangat.

3. Ramuan Jeruk Nipis
Bahan:
Jeruk nipis secukupnya
Cara:
Ambillah 3 sendok air jeruk nipis lalu campur dengan air panas serta madu. Minum ramuan itu sehari 3 kali 1/2 gelas.

4. Ramuan Kunyit
Bahan:
Siapkan kunyit secukupnya
Cara:
Kupas kulit kunyit sampai bersih, bersihkan bersih lalu parut sampai halus. Masak dengan air sampai mendidih lalu saring kemudian minum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner